Text
Penyelenggaraan pendidikan anak usia dini: studi internalisasi nilai-nilai Agama pada pendidikan anak usia dini (PAUD)
Pendidikan pada setiap jenjang harus berprinsip pada pengembangan nilai nilai moral dan agama, di samping aspek aspek lain yang berkaitandengan bidang bidang pengembangan. Hal ini sangat diperlukan sebagai upaya untuk mengantarkan anak didik menuju kedewasaan berpikir, bersikap dan berprilaku secara terpuji ( akhlak al- karimah). Upaya tersebut bisa dilakukan oleh para pendidik sejak usia dini, yakni Ketika masih kanak kanak.
Pendidikan nilai nilai moral dan keagamaan pada program PAUD merupakan pondasi yang kokoh dan sangat penting keberadaanya dan jika hal itu tertanam serta terpatri dengan baik dalam setiap insan sejak dini, hal tersebut merupakan awal yang baik bagi Pendidikan anak bangsa untuk menjalani Pendidikan selanjutnya.
Pengenalan dan internalisasi nilai nilai agama di gunakan untuk membentuk moral anak, Hal ini dilakukan melalui pembiasaan yang dilakukan berulang ulang, sehingga moral tersebut akan membentuk karakter anak di masa yang akan dating, Pembiasaan ini juga akan terus terbawa sampai dewasa. Pembiasaan ini tidak bisa diajarkan melalui metode seperti di sekolah pada umumnya , dimana seorang guru dituntut mengeluarkan trik-trik terbaik supaya anak tertarik
Dengan Guru dan staf yang berkompeten, anak anak tidak hanya berprestasi tetapi juga memperoleh pengalaman belajar mengesankan yang akan menguatkan jati dirinya menjadi generasi yang cinta belajar.
PAUD juga menjadi sarana pembentukan karakter anak. Dengan mengajarkan dan membiasakan hal- hal yang positif, maka karakter anak akan menjadi lebih baik, sesuatu yang dibiasakan akan menjadi sifat. Sifat inilah yang menentukan karakter seseorang.
B09776 | 372.21 IMR p | My Library | Available |
No other version available